Kamis, 25 Juli 2013

Back to Old School with Jhonny :-)

Masih kondisi standar aja udah keliatan utuh yee gan :D (Standar sampingnya masih ane iket rafia soalnya udah "doll")
Assalam masbro dan mbak sis :) ane cuma mau sharing sedikit aja soal pengalaman restorasi Honda Astrea Grand. Jadi ceritanya ane baru dapat hibahan dari bapak ane motor jadul (jaman dulu :D) yaitu Honda Astrea Grand tahun 1996 :D. Ini motor dibeli second oleh bokap ane sejak Juli 2013 dan dipake sendiri buat di kampung (Yogyakarta), ane sendiri biasanya pake Yamaha Xeon 125 keluaran 2011 gen-II dan karena motor ini punya desain klasik, ane jadi pengen ngebangun (red : restorasi) ke kondisi yang sempurna seperti baru ^^. Ane liat sih kondisinya utuh lho, nah tapi karena tangan gatal jadinya tetep pengen memberikan "sentuhan" ala ane sedikit ^^. Nah saat ini sudah 2 tahap restorasi jadi ane cerita dari yang pertama dulu :)

  1. Restorasi Jhonny tahap 1

Pada tahap pertama, si Jhonny a.k.a Astrea Grand ane bawa ke bengkel umum langganan ane. Disini ane suruh mekanik ane ngecek kondisi mesin motor, karena ane mengutamakan kesehatan mesin baru abis itu naik ke bodypart dan kelengkapannya. Setelah di cek, katanya cukup servis ringan aja tanpa harus turun mesin. Ane liat juga belum ngebul asapnya makanya ane yakin juga. Jadi ane cuma servis biasa, di sektor :
  • Mesin :
    • Ganti oli (Castrol Power-One 10w-40),
    • Per Kopling Racing KTC
    • Kampas Kopling (OEM Honda)
    • Kampas Ganda (OEM Honda)
    • Servis Karburator (repair kit) 
  • Kaki-kaki 
    • Velg TK-Japan 
    • Ban Tubeless Corsa S123 80/90-17(Belakang) dan 70/90-17 (Depan), 
    • 2 Buah Cairan Ban Jet-One, 
    • Tromol depan dan belakang,
    • Laher tromol depan
    • Kampas rem tromol depan dan belakang.
  • Body Part
    • Sayap Kanan-Kiri (KW-1)
    • Batok baru (OEM Honda)
    • Handle Grip Original (OEM Honda Karisma)
    • Jalu Stang, 
    • Foot-step depan dan belakang (OEM Honda Karisma), 
    • Standar samping (OEM Honda),
    • Sakelar Kanan - Kiri (KW-1)
  • Kelistrikan dan Pengapian 
    • CDI (BRT Hyperband), 
    • Busi (Denso U-22FSU), 
    • Aki MF (GS Astra-MF), 
    • Bohlam Headlamp (Philips Super-Bright)
    • Switch Rem depan (OEM Honda)
    • Koil (OEM Honda)
Nah jadi sekian sesi restorasi pertama ane untuk si Jhonny. Untuk biaya masbro jangan tanya ya soalnya udah melewati seharga secondnya motor ini ^^. Semoga bermanfaat :-).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar