kita
semua tau nih masalah paling umum pada pemilik suzuki Jimny dan Katana
adalah : PANAS MESIN!. Ahahahhaaa :D. Ane jujur aja baru make katana
semenjak Agustus 2011!!! selama ini ane make boil ga jauh-jauh dari
produk berlambang 3 elips berbentuk T :p, eh semenjak beli suzuki katana
tahun 1993 wesesesss kageet! nih tunggangan bener-bener "tunggangan"!!!. Gimana
ngga??? mobil tangguh, irit, ga cengeng, pajak murah, spare-part murah,
gampang didandanin, pokoknya paling ajib diajak susah! ahahahaaa.
walaupun kelemahannya bagi sebagian besar orang kurang nyaman, yaahh
namanya juga naik "kuda" ya
jangan ngarep nyaman :p. Okay! back to topic, waktu masih memakai visco
fan (kipas standar yang mengikuti putaran mesin) permasalahannya adalah
ketika macet si jim-kat langsung emosi alias temperatur naik! nah
lho??? karena begitu berhenti maka putaran kipas juga ikut melemah!
hayaah bingung ane! langsung aja matiin mesin, buka kap, sambil makan
sotomie dulu di deket RSPP :D. begitu udah oke ane langsung cabs kerumah
bongkar tuh radiator terus ke tukang servis. lumayan ngurangin tapi
tetep cuma menunda timing panasnya... hayaahh rempong deh! sampe rumah
bongkar lagi sambil mikir caranya gmana... akhirnya konsul dengan teman
katanya pake electric fan sebagai pengganti visco-fan (Ingat!
electric-fan adalah kipas elektrik pengganti kipas visco! bukan
extra-fan atau kipas tambahan!) jadilah
di suzie katana ane ada dua kipas yaitu kipas AC (yang memang ada
standarnya untuk mendinginkan AC) dan kipas Elektrik baru untuk membuang
panas radiator (Electric-fan yang ane pake adalah OEM Suzuki Karimun).
And guess what?! emosi si jim-kat malah turun pas macett!!! hahaayy
mantabbss selama sebulan ane pake dengan senang hati. Eits! jangan
seneng dulu! pas ane bawa ke jogja mobil gabisa lari lebih dari
70km/jam! kenapa?! karena temperatur langsung merangkak naik sampai
3/4-nya lho!!! hohohooo masalah baru muncuullll.... Rupanya kipas
elektrik juga mempunyai kelemahan, yaitu putarannya tetap sama makanya
ketika macet suhu akan turun sampai 1/3 lalu saat kecepatan tinggi kipas
elektrik tidak dapat mengimbangi kinerja mesin yang akhirnya membuat
suhu naik! heheheeeee baiklaahhh akhirnya sampe di jogja bukannya
liburan ane sibuk memodifikasi katana ane yaitu kipas electric yang ada
di radiator dipindah fungsinya menjadi kipas pendingin AC caranya yaitu menukar arus listriknya jadi fungsinya sebagai peniup bukan penghisap panas seperti pada fungsi kipas radiator!,
lalu kipas AC dibuang. setelah itu kipas pendingin radiator kembali
dipercayakan kepada kipas Visco agar saat kecepatan tinggi maka
pendinginan juga optimal. Supaya
lebih optimal, posisi radiator didekatkan dengan kipas visco dan pulley
pada kipas visco dipilih yang paling kecil supaya saat mesin stationer
maka putaran kipasnya tetap mumpuni. dan saatnya ujicoba! Pada saat
macet suhu hanya naik 1/5!!!! bahkan ga lebih dari garis awal
temperatur! dan saat digeber sampe 120km/jam suhu malah turun!!! cuma
1/6 dari garis awal! bisa dikatakan suhu hanya sedikit merangkak naik
dari suhu dingin mesin! hehehee naah selamat mencoba ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar