Sabtu, 07 September 2013

Penyakit Mesin VVT-i (Toyota Avanza dan Toyota Rush)

Posisi Idle Speed Sensor ada di Throttle Body seperti gambar diatas.


Assalam masbro semua... ane sekedar share pengalaman aja selama memakai kendaraan Toyota Avanza 1.3 G (K3-VE DOHC 16 Katup VVT-i) dan Toyota Rush 1.5 G (3SZ DOHC 16 Katup VVT-i) mengalami masalah yang sama padahal ane udah make 2 generasi Avanza (2006 dan 2012) dan ketiga mobil tersebut memiliki penyakit yang sama! yaitu pada Idle Speed Sensor. Bisa dibilang umur part ini hanya bulanan aja gan! aneh ya. Dan cirinya adalah ketika menginjak kopling maka jarum RPM akan naik dan lama turunnya ke posisi normal. Selidik punya selidik, ternyata memang desain mesin ini harus menggunakan bensin tanpa timbal dan nilai oktan 90 (Pertamax dan sejenisnya).
Contoh Part Idle Speed Sensor (Tapi ini milik Daihatsu Luxio)
Mengapa harus bensin RON 90? karena bensin kelas ini telah memenuhi kriteria pembakaran mesin ini yang memiliki kompresi cukup tinggi. Selain itu, penggunaan bahan bakar yang buruk menimbulkan kotoran berupa jelaga di throttle body dan akan mengganggu kinerja putaran mesin saat pedal gas dilepas. Mengatasinya, sebaiknya langsung dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus (Gbr.3). Nah cara mengatasinya bisa membersihkan throttle body pakai carburator atau injector cleaner. Tapi harus hati - hati!, sebab kalau tidak mengikuti prosedur perawatannya, malah bisa menimbulkan masalah baru seperti gejala knocking pada mesin. Tapi biasanya kalo udah parah ya ganti Idle Speed Sensor itu, karena pengalaman kalau hanya di setting di BeRes (Bengkel Resmi) hitungan minggu juga sudah abnormal lagi. Nah gmana? udah ngerti masbro? Hehehee mari bijak berkendara dimanapun dan jangan lupa : Keep Safety On The Road!

79 komentar:

  1. SAYA PUNYA MOBIL TOYOTA AVANZA TYPE G TAHUN 2004, LAMPU ENGINE MENYALA PADAHAL UDA DI CEK BUSI, INJEKTOR, KABEL2, MANIPOL, SARINGAN BENSIN JUGA, BAHKAN ECU JUGA SEMUA BAGUS! TAPI TETAP AJA LAMPU CEK ENGINENYA NYALA! AWALNYA HANYA MENGGANTI KARET/PACKING KOP KEPALA MESIN DOANG! KARNA OLINYA ADA KELUAR2! MOHON BANTUANNYA!!! AKIBAT LAMPU INDIKATOR MESIN MENYALA MEMBUAT GAS/RPM nya PADA MESIN NAIK TURUN ATAU BREBET..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lampu engine hidup,bawa aja tukang Dinamo Karna bisa jadi dinamo casnya nyala atau otomatis cas battre rusak , dan jika lampu rem merah rem tangan hidup isi aja minyak rem di tabung rem pada mobil , moga bisa membantu anda menyelesaikan masalah di mobil anda , moga Berhasil ,

      Hapus
    2. Buka kabel batrei bagian strom biarkan sebentar lalu pasang lagi udah beres

      Hapus
  2. Setelah saya cekking ulang kondisi normalnya mesin pada avanza atau xenia bila keadaan tidak stabil maka yang harus di cekking busi untuk pembakaran pada mesin ,namun jika di ganti busi juga tidak normal harap cek kembali kepala busi apakah karet kepala busi bocor atau tidak, dan utamakan suku cadang asli , hati-hati jika produk CKD 2 , jika kepala busi lama bisa di pakai maka ganti aja karet penutup busi saja supaya pengapian tidak mengalamin kebocoran , selamat merawat mobil anda smoga puas berkendara ,salam saya trimakasih

    BalasHapus
  3. mobil saya rush matic 2012 kenapa ya klo uda stand by ( mesin mati ) -+ 3 jam begitu kita hidupin rpmnya bertahan di 1000 lebih dikit , itu bertahan sampi -+ 5 menit baru turun di bawah 1000 kira2 itu normal ato ga. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normal
      Saat temperature kerja blm tercapai rpm diatas 1000 , tapi setelah temperatute kerja tercapai , idle akan norml kembali dibawah 1000 rpm
      Hampir setiap mobil injeksi berkarakter demikian.

      Hapus
    2. Om numpang nanya
      avanza thun 2009 knapa gas nya naik turun klo pkek ac klo gak pkek ac 900 rpm nya klo pkek ac 1000 ke bawah
      Itu masalah nya apa ya? ??

      Hapus
    3. Om numpang nanya
      avanza thun 2009 knapa gas nya naik turun klo pkek ac klo gak pkek ac 900 rpm nya klo pkek ac 1000 ke bawah
      Itu masalah nya apa ya? ??

      Hapus
    4. Bersihkan isc mas pasti joss.punya saya juga kmrin gitu sama.tp ps d bersihkn lngsung normal

      Hapus
    5. Ijin pendapat untuk masalah pada saat gas naik pada saat pasang ac itu normar di karenakan pada saat pasang ac ad tambahan putaran otomatis gasnya naik

      Hapus
  4. Seburuk apa bahan bakar yg di gunakan tidak akan mengotori throttle body, karna trhottle body hanyala pengatur besar kecilnya udara yg masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tepat sekali tapi yang namanya TB itu terhubung dengan ruang bakar, dan suatu ketika efek pembakaran tidak sempurna atau istilahnya jelaga bisa masuk atau tendangan balik ke arah depan atau saluran masuk walaupun presentase sedikit bisa masuk ke ruang TB dan akhirnya bisa mengotori TB itu sendiri. Mungkin bisa sedikit membantu pemahaman untuk artikel di atas. Trims

      Hapus
  5. Saya punya rush matic 2010, kalau habis jalan jauh saat berhenti, posisi netral, injak rem rpm langsung naik sampai 1200 kadang lebih. Ini apa masalah ISC jg atau TPS ? Saat ini saya masih pakai premium.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh pengalaman tergantung anda menghidupkan AC atau tidak, kalau tidak menurut pengalaman bisa juga karena ISC nya bermasalah. Bisa di cek kan ke BERES atau bengkel kepercayaan anda. Sedikit saran untuk mobil EFI sebaiknya tetap menggunakan pertamax untuk menjaga kebersihan ruang pembakaran. Trims

      Hapus
  6. Tambahan, kejaduannya hanya saat AC nyala dimana rpm idle sekitar 900-1000rpm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normal bos, kalo AC menyala juga menyesuaikan kondisi ruang dan lingkungan sekitar bos. Juga kondisi system AC saat dia bekerja.

      Hapus
  7. Punya masalah dengan mobil anda? Rpm tinggi karena ISC bermasalah?
    Sudah diganti tapi tetap tidak ada hasilnya?
    Tenang saja, kami siap membantu anda
    Silahkan hubungi kami
    SINAR TECHNICS
    Tlp atau whatsapp : 082112883788 / 085777020625
    Bbm : 7441C502
    Kami juga menyediakan spare part eks luar yg sudah di rekondisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mempunyai masalah rpm di mobil senia saya th 2006. alamat bengkelnya di mana?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. mas boss @sinar technics, posisi daerah mana ?

    BalasHapus
  9. Avanza g 2004 tuh mesin nya bandel gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit masukan soal mesin sebetulnya sama saja dengan tahun yang lebih muda... Cuma kalo tahun segitu lebih kita tekan kan part pendukungnya masih dalam kondisi baik atau tidak, seperti system EFI nya

      Hapus
  10. Avanza g 2004 tuh mesin nya bandel gak ya

    BalasHapus
  11. Saya punya masalah sama engine toyota rush. Mesin tersendat rpm naik turun. Klo boleh tau apa penyebabnya ?

    BalasHapus
  12. Saya punya masalah sama engine toyota rush. Mesin tersendat rpm naik turun. Klo boleh tau apa penyebabnya ?

    BalasHapus
  13. Saya punya masalah sama engine toyota rush. Mesin tersendat rpm naik turun. Klo boleh tau apa penyebabnya ?

    BalasHapus
  14. avanza vvti 2009 yang saya punya, apabila digas diatas 2500 rpm mesin sepeeti menjerit, apakah semua avanza memang begitu? di ordometer 106.700 km

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rpm jra dbawah 1000 bos,cb dbersihkan ruang bakarnya

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Sya pnya rush thn 2008.abis ganti oli sendiri sya idpin masih normal krng lebihnya 15an lah..ktka gas tggi tba2 lampu kontrol mesin menyala..langsng mesin ga stabil..knpa ya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau seperti itu mungkin isc anda bermasalah, coba di reset ke bengkel yg punya scanner terdekat..

      Hapus
  17. Saya mau nanya juga nih seputar Engine Rush, sama masalah Mesin tidak stabil RPM nya, isc sudah di ganti beberapa Kali, bahkan di kanibal dari Mobil lain yg bagus, RPM Mesin tetap tidak stabil, RPM naik turun terus kisaran 800 -1200 secara acak... , tidak ada error code isc sudah di test di Mobil lain juga normal...
    Kira2 apa lagi ya..
    Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak mobil saya.. smpe sekarang belum nemu penyakitjya 😂 bantu d jawab donk min.. trims

      Hapus
  18. mobil sy xenia saya 2012 bila kondisi stationer RPM normal sekitar 800-100 tp jika sudah jalan kec. 60 km/jam dengan posisi masuk gigi 3 RPM sampai 3500...normal/tidak mobil saya? mohon bantuannya buat saya yg msh newbie....

    BalasHapus
  19. Mhn sharing nih......saya punya avanza 2006 blm vvti, kenapa mbl ketika dingin dihidupkan kembali rpmnya tinggi gk mau turun sampai 5-10 menit.trimksh.....

    BalasHapus
  20. Saya punya avanza G tahun 2008 dari baru...Insyahallah hanya ganti ban doang sampai sekarang saya tetap pakai avanza nya...

    BalasHapus
  21. Xenia X 1.3 saya bisa melaju mencapai 180km/h lebih sementara pedal gas belum kandas terinjak. Apa itu normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap itu bos bisa lari segitu, asal jangan berlebihan... Hehehe... Klo speedometer normal seharusnya yang lain normal normal aja bos.

      Hapus
  22. Xenia Avanza mobil sejuta umat, indikator keunggulannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Irit tapi masih wajar hehe, tergantung nginjak pedal gas nya

      Hapus
  23. gan...mobil xenia 2008 saya idle, gas naik turun pada saat starter mesin gas harus di tahan jika tidak maka mesin akan mati, bahkan kadang gas meraung dengan sendirinya. Jika mesin idle mobil saya jalankan di tol kurang lebih 1 jam maka mesin mobil normal kembali. Beberapa minggu lagi kambuh lagi penyakitnya yaitu idle. Menurut teman saya suruh service dan bersihkan isc. Referensi dari temen sudah saya lakukan, namun isc belum pernah diganti dan masih standar dari pabrik. Mohon diberikan info dan solusi apa part yang harus saya ganti. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih gan.. from cakdar@gmail.com

    BalasHapus
  24. Gan ane punya avanza 07, ampet panas ma bensin ngaco, naik pentok mua, kira2 masalah dimana ea trim...

    BalasHapus
  25. Gan..saya mau share tentang mobil rush saya..kalo habis dicuci ga bisa stasioner kenapa ya

    BalasHapus
  26. Mohon pencerahan dari oara suhu...
    Saya punya toyota avanza thn.2015. Ketika saya gas rpm kan naik, tp ketika turun di rpm angka 2 sempat berhenti dan terdengar suara menggerung... itu kenapa yah? Mohon pencerannya suhu....

    BalasHapus
  27. maaf mau tanya tentang pemeliharaan pulley di all new avanza

    BalasHapus
  28. pencerahan tuan :) , xenia ane 2007, saat gas rendah [ 20 - 35 rpm ] mesin tersendat sendat [brebet] tapi bila rpm 40 keatas aman dengan resiko bensin boros banget, kira - kira apanya tuan ? terima kasih ...

    BalasHapus
  29. kasusnya hmpr sama sudah gnti isc rpm tetap bandel gak mau stabil ada yg visa bantu

    BalasHapus
  30. kasusnya hmpr sama sudah gnti isc rpm tetap bandel gak mau stabil ada yg visa bantu

    BalasHapus
  31. saya coba ganti satu block thrrotlebody(termasuk isc)....masalah selesai.

    BalasHapus
  32. mobil saya xenia 1,3 XI tahun 2010 Delux, gejalanya RPM serng truble bahkan drop dan saya tune up, ganti busi, ganti oli, beberapa hari saja enak tetapi kumat lagi RPMnya naik turun bahkan DROP, kira2 apanya ya Gan, apa perlu ganti Ideling Speed Control?

    BalasHapus
  33. Mobil saya avanza 2016 gan troblenya mobil bisa digas tp mesin cuma RPM 2500.. bis minta pencerahannya gan

    BalasHapus
  34. Avanza saya tipe e 2011 pakai pertalite hasilnya 6 km/L dalkot apakah normal?kira kira apa yang jadi masalah boros?

    BalasHapus
  35. Saya barusan ganti idle speed sensor, saran dr tukang bengkel agar idle speed sensornya awet caranya jgn ganti2 suhu mobil naik atau turun, tapi kipas saja yg di naik turunkan, soalnya klo suhunya yg dinaikkan menyebabkan setelan sensornya berubah2 dan akhirnya lama kelamaan tidak berfungsi dgn baik dan akhirnya ganti dalam hitungan bulan. Semoga bermanfaat ya guys

    BalasHapus
  36. Mobil saya terios, isc sudah di ganti,,, pada saat awal rpm 1500, mesin sudah panas turun di 1000, klo pas belok injak kopling, rpm naik, kadang naik turun, apakah ini normal...

    BalasHapus
  37. Rpm normal pada putaran brpa y bos, trmkasih

    BalasHapus
  38. Gan,mohon sharingnya, saya punya avanza G thn 2013,kalo pedal gas saya injek sampe rpm 2000 atau lebih,dengan beban AC,pada waktu AC on / cut in,rpm jd turun..setelah AC cut out / off,rpm kembali up lagi...kira2 apanya ya

    BalasHapus
  39. Saya punya masalah pada xenia...klu masuk porsneling lepas kopling pln engine langsung low apax ya mas...taks

    BalasHapus
  40. Saya punya mobil rush matic 2012 RPMnya naik saat mau mundur sehingga mobil tersedak dan terkadang lama baru merespon (bisa mundur), mohon pencegahannya .tq

    BalasHapus
  41. saya punya avanza 1.3 2006 tidak mahu hidup...engine boleh crank..api pada coil dan spukplug ada..injeter berfungsi..bahan bakar normal..tapi sik mahu hidup apa masalah ya..boleh bangtu rak

    BalasHapus
  42. Saya punya toyota rush tahun 2008. Yang saya ingin tanykan apa kah berpengaruh pada mesin jika VSV di lepas? Dan kenapa kinerja mesin tidak normal?

    BalasHapus
  43. gan mobil saya avanza veloz 2014, klo hidup rpm naik turun dan klo pedal klos di injak rpm akan naik sampai ke 2000, sudah tanya ke bengkel. resmi ganti isc namun tetap kembali lagi, terakhir apa harus harus ganti trotle body. trims gan

    BalasHapus
  44. min , kenapa ya spedometer mobil avanza veloz 1,5 th 2012
    engine nya nyala terus , dcek scan tidak ada masalah
    sama spedometer nya gak jalan sama rpm gigi juga gak fungsi , apa kah error spedometernya

    BalasHapus
  45. Rpm naik...padahal sudah diganti isc.masalah nya apa ya guys? Grand max pick up

    BalasHapus
  46. Mobil saya xenia xi vvti 2007...
    Rpm naik turun setelah mobil dihidupkan smpai kira2 45 menit lebih...sdh ganti isc masih tetap, ecu dicek normal...mhon pencerahannya gan....

    BalasHapus
  47. om mau tanya avanza gamau di gas,kalo di gas mati kira2 apa ya om

    BalasHapus
  48. Mohon bantuan om om...
    Avanza saya rpm nya naik turun...isc sudah saya ganti.head nya sudah saya bongkar...menurut saya semua sudah saya periksa..mulai dari kabel dan sensor2 lain...tapi tetap belum stabil juga dia nya☺

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum para suhu Maaf saya arnon dari Sumsel saya mau nanya Xenia 1,3 2008 gasnya naik turun Udah dibersihkan isinya tetap saya ganti punya Daihatsu ISC nya tapi tetap naik turun nggak ada solusi saya beli lagi nih ori merk Toyota tapi tetep begitu dipasang tadinya gasnya tinggi turun turun turun eh naik turun lagi gasnya di reset manual sudah tapi tetap nggak bisa langsam naik turun gasnya itu para suhu suhu Tolong saya minta solusinya permasalahannya di mana Salam Satu aspal terima kasih

    BalasHapus
  50. Avansa saya 2010 dulu jg pernah naik turun rpm nya sama mekanik di lepas dan dibersihin trotle nya kalau ISC kotor biasanya mesin brebet istilshnya

    BalasHapus
  51. Avansa saya 2010 dulu jg pernah naik turun rpm nya sama mekanik di lepas dan dibersihin trotle nya kalau ISC kotor biasanya mesin brebet istilshnya

    BalasHapus
  52. Avansa saya 2010 dulu jg pernah naik turun rpm nya sama mekanik di lepas dan dibersihin trotle nya kalau ISC kotor biasanya mesin brebet istilshnya

    BalasHapus
  53. Mobil saya rush 2016. Saat digas di 2000 rpm atau lebih dan gas dilepas rpm nya nyangkut dulu di 1500 rpm setelah itu baru turun. Tolong info perbaikannya

    BalasHapus
  54. Idle speed sensor hidup sewaktu switch off...start engin tidak hidup klau dstart

    BalasHapus
  55. Saya punya avanza 2006 tipe G .
    Kalo di hidupin rpm nya mencapai 1500 tetapi kalo dihidupin ac bisa mencapai 2000 ...
    Itu normal gak ya om ..dan kalo itu gak normal apa penyebanya ya ?
    Mohon pemberitahuannya bos ku

    BalasHapus
  56. Saya pakai terios 2008. RPM kadang naik kadang turun. Apalagi kalo AC nyala. Lagi lari kenceng injak kopling langsung mati mesin. Kira kira apanya ya??

    BalasHapus
  57. Sy mohon bantuan mgapa bila start enjin rpm terus naik 1500 tp buka ac turun 1000. Dn cmna nk tukar isc utk model avanza thn 04

    BalasHapus
  58. Mobil saya avanza 2010 perasaan saya waktu saya beli baru di rmp 3000 gigi 5 berada di km 100/jam tapi sekarang Di rmp 3000 berada di km 80/jam apa masalahnya ya

    BalasHapus
  59. knp ya mbl sy selulu naik gas nya sendiri

    BalasHapus
  60. Mobil saya Avanza grand new 2016,jika habis bersihin throtle body setelah di pasang kembali mengapa ada bunyi kletek kletek di area kabin/ruang mesin ya

    BalasHapus