Rabu, 25 Desember 2013

Yuk Mengenal Lebih Jauh si Andalan FBI Blazer!

-Otomotif-. Opel Blazer? semua orang yang belum pernah mengendarai mobil ini pasti langsung kemakan anggapan yang ada seperti boros, rewel, susah perawatan, cepet panas, dan bla, bla, bla. Padahal? semua itu salah masbro! Yuk kita bahas karakter si Kebo ini :)

Blazer pertama kali dipasarkan di Indonesia dengan merk Opel (Jerman) yang sama-sama memiliki satu induk perusahaan dengan Chevrolet yaitu General Motors. Mobil ini hasil kolaborasi tiga negara di dunia yaitu Opel - Jerman (Lisensi dan Merk), Chevrolet - USA (Desain dan Manufaktur), dan Holden - Australia (Mesin khusus Indonesia disediakan oleh Holden (2.200cc MPFi, SOHC dan DOHC), sedangkan mesin versi 4x4 4.3L V6 Vortec merupakan mesin asli Chevrolet Amerika.

  • Opel Blazer 1st Gen  (Made In USA)
Blazer SLi SOHC 1997
Blazer DOHC 1996
Blazer ini merupakan produksi antara tahun 1996 - 1999 pertengahan. Dengan ciri headlight belok dan lampu sein di bumper dengan mesin 2.2L MPFi DOHC. Lampu belakang antara sein, lampu rem, dan lampu senja menjadi satu. Seiring dengan meningkatnya nilai tukar rupiah terhadap dollar saat itu, General Motor Indonesia mengeluarkan blazer SLi dengan mesin 2.2L MPFi SOHC. Saat itu General Motor sebenarnya bersaing dengan Nissan Terrano, namun saat tahun 1997 Toyota mengeluarkan Kijang Kapsul, maka Blazer mengeluarkan tipe SLi agar harga lebih kompetitif. Iklannya yang dipampang adalah "pantat" kijang kapsul dengan kata-kata "Harganya ga jauh beda kok sama mobil kamu" :D. Perbedaan DOHC dengan SLi Blazer yang mulai diproduksi tahun 1997 yaitu interior sama dengan versi DOHC hanya tanpa cockpit panel dan console box. Eksterior sama spt DOHC hanya tanpa lis body, bumper hitam, dan ciri khususnya headlight (SOHC berbentuk kotak kecil american style) dan wiper belakang. Pada generasi ini ada blazer seri DOHC Z-Line. 
  •  Opel Blazer 2nd Gen (Made in USA)
    Blazer Montera LV 1999 - 2002 pertengahan
Blazer generasi kedua masih bermerk Opel yang diproduksi antara 1999 akhir sampai 2002 akhir. Ciri yang paling terlihat adalah facelift dengan headlight sipit bersusun dengan lampu sein. Tail light antara sein, lampu rem dan lampu senja sudah terpisah semua (kritik atas lembaga keselamatan transportasi Kanada dan Eropa). Varian untuk generasi ini dan selanjutnya terdiri atas SOHC (Montera LN, Montera, Montera LV, Montera LS dan Montera Sport), DOHC, dan DOHC LT (Luxury Touring).  
  • Opel Blazer 3rd gen (Made In Brazil)
Blazer 2002 - 2005 (Samba Edition)
Blazer generasi ketiga merupakan blazer yang terakhir. Untuk rentang produksi tahun ini sudah hasil desain dan komponen buatan brazil (sebelumnya buatan amerika). Ada beberapa kawan yang mengatakan kualitas dan desain blazer lebih baik yang 2002 kebawah (non - Samba).








Berdasarkan kelasnya tipe-tipe Blazer dimulai dari urutan terbawah :
    • Montera LN. Kelengkapan sama seperti varian Montera tetapi minus radio/tape + speaker dan jok tanpa baris ketiga.
    • Montera. Kelengkapan eksterior : tanpa roof rack, bumper depan dan belakang besi (cat hitam), tanpa wiper belakang, kaca belakang bening tanpa defogger, velg kaleng, tanpa lis body, tanpa fog lamp, tanpa third brake lamp (lampu rem di atas kaca belakang). Kelengkapan interior : Door trim minimalis, tanpa console box, tanpa cockpit panel, jok 3 baris bahan fabric, spion tidak electric, bumper belakang polos (rata)
    • Montera LV. Kelengkapan eksterior : sama seperti varian Montera ditambah : bullbar, velg alloy (model varian DOHC), lis body, High Mount Stoplamp. Spesifikasi interior : sama seperti varian Montera ditambah :  Console box
    • Montera LS. Kelengkapan eksterior : sama seperti varian Montera LV ditambah : two tone colour. Kelengkapan Interior : sama seperti varian Montera LV tetapi plus : Bahan jok kombinasi fabric dan semi kulit.
    • Montera Sport. Kelengkapan eksterior : sama seperti Montera ditambah : over fender, lubang udara di kap mesin, roof rack, bumper depan dan belakang sewarna body.
    • DOHC. Kelengkapan eksterior : fog lamp, lis body, velg alloy, kaca tinted glass dan kaca belakang ada defogger, roof rack, spion electric, bumper belakang ada lekukan untuk plat nomor (beda dengan SOHC). Spesifikasi interior : door trim mewah, console box, cockpit panel (thermometer, tmpt kaca mata, kompas), jok 2 baris bahan fabric
    • DOHC LT (Luxury Touring). Kelengkapan eksterior : sama seperti varian DOHC ditambah : bullbar, two tone colour. Mulai generasi 2002 keatas, sekeliling body ada cladding envoy dan model bullbar lebih soft. Kelengkapan interior : sama seperti varian DOHC ditambah : leather seat, ada wood panel (di door trim dan dashboard), dan luggage cover.
  • Kelebihan dan Kelemahan
Blazer memang di desain untuk memberikan keamanan, kenyamanan dan kemewahan lebih dikelasnya. Untuk itu, mobil ini memiliki dua lapis baja di bodinya yang membuat bobot mobil ini mencapai 2 ton lebih. Namun untuk membuatnya lebih kompetitif dan irit bahan bakar, maka General Motor menggunakan mesin Holden 2.200cc Multi Port Fuel Injection dari Australia menggantikan mesin Vortec V6 4.3L yang merupakan mesin asli versi CBU Amerika. Tenaga yang dihasilkan sangat pas (kalau tidak mau dibilang pas-pasan) untuk membawa mobil ini melaju. Namun setelah diuji coba, untuk kondisi standar walau belum 4x4, mobil ini sanggup melewati berbagai medan jalan termasuk pegunungan dan off-road semi extreme. Saya sendiri menyarankan untuk menggunakan SOHC dibanding DOHC karena tenaga bawah lebih mudah didapat.

Untuk kelemahan selain harga jual yang jatuh, fuel pump mudah tersendat dan macet serta rusak. Hal ini disebabkan fuel pump blazer sangat sensitif terhadap kotoran sekecil apapun dalam tanki yang tersedot sehingga apabila bensin kotor, hal ini sangat berpengaruh terhadap umur fuel pump itu sendiri. 

Pendapat saya, mobil ini sangat nyaman dan worthed apabila memang yang memiliki mengerti perawatannya. Perawatan mobil ini tidak mahal. Anda membayar 15% - 20% lebih mahal untuk jangka pakai 50% lebih lama. Jadi saya pikir wajar mengingat kualitas part mobil ini sangat oke.

-Hormati Sesama Pengguna Jalan!, Keep Distance and Safety First!-

48 komentar:

  1. Di jakarta macet..panas...ac sangat penting peranannya..agar ac dingin dan tahan lama untuk mobil blazer solusinya seperti apa ya..

    BalasHapus
  2. AC Blazer kuat kok boss... punya saya sudah 10 tahun baru ganti kompressor sambil service bersihkan aja... dan karena memikirkan parts kedepan jadi saya ganti menggunakan kompressor Sanden 508 karena untuk Kompressor, Sanden lebih kuat dibanding Denso om... Dinginnya sudah cukup sih bagi saya ^^

    BalasHapus
  3. AC blazer sy kok sering mati yaa...sekringnya sering putus...klo di ganti baru sebentar di pakai AC mati lagi....kira2 apanya ya...?

    BalasHapus
  4. di periksa MAP Sensor om. Part ini fungsinya sebagai gardu utama kelistrikan mobil... biasanya kalau part ini lemah cirinya ada sekring yang sering putus...

    BalasHapus
  5. Salam Blazerhood untuk semuanya..
    kenyamanan mobil murah yang dikenal boros ini = mobil harga 300 jutaan. Jadi mendingan pake mobil murah tapi badan ga nyaman atau pake mobil murah tapi badan nyaman?
    sok akh main ke blog saya
    PERUM BUMI CIKARANG MAKMUR

    CATATAN PENDEK BLAZER

    CATATAN PENDEK PENULIS

    JASA PENITIPAN BURUNG

    BalasHapus
  6. salam blazy mas....saya punya kebo montera lt, beli mruah sih.....nah si kebo nih waktu stater suaranya kasar.........setelah 5 menitan baru halus suaranya......biasanya penyakitanya apa itu mas....trims sebelumnya




    BalasHapus
  7. salam juga mas janur ^^ oh itu kena HLAnya mas... coba turun mesin cek sensor HLA di cylinderhead mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam blazy mas............HLA itu apa......sy masih awam tentang mesin mobil......blazy ini baru mobil pertama sy mas..........

      Hapus
  8. salam juga mas janur ^^ oh itu kena HLAnya mas... coba turun mesin cek sensor HLA di cylinderhead mas...

    BalasHapus
  9. salam sejahtera mas hardianto w.. mau tanya niy.. ada budged 50 juta.. pilih opel blazer ato peugeot 306 yaa... ada 306 baru 45 rb km.. kalo blazer suka besar dan 3 baris kursinya mohon pencerahannya terimakasih.. salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut saya tergantung pemakaianya gan, kalo hanya untuk keluarga lalu jalan dengan aspal mulus pilih peugeut 306, nyaman juga dengan bentuk sedannya. Tapi kalo untuk keluarga lalu hobi touring dan sering lewat jalan keriting mendingan pake SUV Blazer gan.
      kalo soal perawatan 11-12 karena sama2 eropa punya.
      semoga membantu
      titip link om
      PERUM BUMI CIKARANG MAKMUR

      CATATAN PENDEK BLAZER

      CATATAN PENDEK PENULIS

      JASA PENITIPAN BURUNG

      Hapus
    2. betul om sama sama nyaman... cuma sekarang blazer partnya mulai melimpah karena banyak versi lokal dan kw jerman jadi tinggal milih hehehe

      Hapus
  10. minta pencerahan untuk komsumsi fuelx gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. 11-12 kijang kapsul om,
      SOHC bisa 1:8-9 kalo DOHC bisa 1:6-7
      tinggal pilih aja om,
      sudah saya ulas disini http://catatanpendekblazer.blogspot.com/2014/08/mobil-blazer-boros.html

      Hapus
  11. Salam blazy mas...opel sy klo sdh dipakai jalan dan kondisi mesin sdh panas kok ada suara klitik2 yaa..kayaknya suaranya dr dlm mesin...mohon pencetahannya yaa mas...suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah panas ada suara klitik itu udah kena HLA nya om di klep... mesti turun setengah dan ganti HLA adjusternya om.... faktor usia dan sering pake oli kental

      Hapus
  12. kalo mati kabel bussi cuman 1 itu apanya?
    keluhannya mobil berlari anjol-anjolan?
    mohon komenanya?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Salam kenal, mas mau tanya mending mana Blazer Lt 2005 dengan Blazer montera 2000? dari segi perawatan, sparepart, bahan bakar dan lain lain? kemudian untuk Blazer Lt 2005 itu DOHC atau SOHC, terima kasih atas penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau LT 2005 berarti samba ya om? dari pandangan ane build quality bagus SOHC 2000 (montera) cuma ane rasa harga LT2005 bisa beli LT tahun 2000 yang masih made in america hehehe...

      Hapus
  15. Salam knal om, nanya ni sohc ame dohc bagusan mane sih???

    BalasHapus
  16. Salam knal om, nanya ni sohc ame dohc bagusan mane sih???

    BalasHapus
  17. Mau tanya gan. Ane punya duit 10jt klo buat beli blazer opel 2000. Kira kira bisa kredit nggak.

    BalasHapus
  18. blazer mobil nyaman.faktanya keluarga diajak jln2 ga lama eh semua tiduuuur pulas

    BalasHapus
  19. Mau tnya ni mas karet pintu buat montera ada gak ya rembes soal ny kalau ujan, xixi

    BalasHapus
  20. mobil sya ini opel blazer dohc LT.tpi ac nya itu tdk mau hidup,hidup sih ya tpi yg kluar bkn angin dingin mlainkan dbu bgaimna cra mngatasinya????

    BalasHapus
  21. mobil sya ini opel blazer dohc LT.tpi ac nya itu tdk mau hidup,hidup sih ya tpi yg kluar bkn angin dingin mlainkan dbu bgaimna cra mngatasinya????

    BalasHapus
  22. Kalau debu yg keluar, berarti blower Ac harus dibuka dan dibersihkan, karena sangat kotor. Kalau angin nggak keluar berarti dinamo blowernya mati, biasanya kontak2, atau kabelnya kendur

    BalasHapus
  23. Salam kenal semua ny .
    Mohon pencerahany om om smua,
    Saya ada buget 50jt an ..
    Blezer yg paling bagus tipe yg mana ya n tahun berapa ?
    Terimakasih banyak buat masukan ny..

    BalasHapus
  24. Salam kenal semua ny .
    Mohon pencerahany om om smua,
    Saya ada buget 50jt an ..
    Blezer yg paling bagus tipe yg mana ya n tahun berapa ?
    Terimakasih banyak buat masukan ny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 50jt saran ane beli DOHC tahun 1996 - 1998 om udah oke punya segitu hehehee

      Hapus
  25. Salam blazy... saya newbie yg naksir ama si kebo ini dan rencana mo beli. Bisa minta masukannya tips cek kondisi mesin dan kelistrikan yg paling gampang berrow berrow semua? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling gampang cek kolong mesin om ada rembes oli atau ngga. Kedua, liat jarum tekanan oli. Dalam keadaan dingin, jarum menunjuk 500kpa... setelah panas standby di 250kpa. Kalau ga begitu berarti siap siap jajan pompa oli. Terus cek kondisi radiator, kalau normal ac nyala kipas satu nyala. Pas jarum di angka 90" kipas kedua nyala.

      Hapus
  26. Enjoy dengan blazer montera, kokpit blazer 2002 bisa dapetin dmn ya, ada yg bisa bantu?? Trims buat semua dulur

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa hubungi Winarno : 085327967969 om

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  27. rencana saya mau beli blazer tpi bingung, tahun sama tipe sama tpi ada yang sudah modif ada yang masih tampang Ori? butuh bantuan & masukannya trus tips klo mau beli yang sudah modif, apa saja yang harus di periksa, suwun

    BalasHapus
  28. Permisi om... Saya mau tanya.. Rencana pengen ambil blazer, tapi bingung.. Kira2 tipe yang mana ya yang paling baik dari segi kuwalitas,bbm,dan ketangguhanya...

    BalasHapus
  29. Permisi om... Saya mau tanya.. Rencana pengen ambil blazer, tapi bingung.. Kira2 tipe yang mana ya yang paling baik dari segi kuwalitas,bbm,dan ketangguhanya...

    BalasHapus
  30. Permisi om saya ada kuda diammond 2004 bensin ..
    Ada kawan minta tukar guling dengan blazer 2004.
    Cman saya mash ragu.. takut perawatan dan bahan bakar nya boros
    Mohon info biasanya saat ini kan banyak tu penjualan alat untuk membantu irit bbm.. apakah bisa lebih irit ya bbm nya ketika blazer dipasang mesin irit bbm. Mohon pencerahannya om admin

    BalasHapus
  31. Salam mas,,pnya dana di atas 30'n pgn blazer,dpt yg ky gmna yh mas trima kasih

    BalasHapus
  32. Mau tanya gan. Kalau mobil blezer suara mesin kaya pincang udah ganti busi tetep aja
    Kira kira apa ia gan. Trims tolong koment ya

    BalasHapus
  33. Mau tanya gan. Kalau mobil blezer suara mesin kaya pincang udah ganti busi tetep aja
    Kira kira apa ia gan. Trims tolong koment ya

    BalasHapus
  34. Mau tanya gan. Kalau mobil blezer suara mesin kaya pincang udah ganti busi tetep aja
    Kira kira apa ia gan. Trims tolong koment ya

    BalasHapus